Total War: Rome II: Epik Kejayaan Dan Kekalahan Kekaisaran Kuno

Total War: Rome II: Epik Kejayaan dan Kekalahan Kekaisaran Kuno

Pendahuluan
Total War: Rome II adalah game strategi berbasis giliran yang dikembangkan oleh Creative Assembly dan diterbitkan oleh Sega. Permainan ini merupakan seri kedelapan dalam seri Total War yang diakui secara kritis dan dirilis pada tahun 2013. Rome II membawa pemain ke era Kejayaan Romawi, menawarkan kampanye yang luas dan pertempuran epik yang menguji keterampilan strategis dan taktis.

Kampanye
Kampanye Total War: Rome II berlangsung di peta luas yang meliputi sebagian besar Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Pemain dapat memilih untuk bermain sebagai salah satu dari delapan belas faksi, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan unik. Ada dua mode kampanye: Jalan Grand, yang mencakup keseluruhan periode waktu permainan, dan Kampanye Singkat yang lebih fokus dan cepat.

Selama kampanye, pemain harus menyeimbangkan berbagai aspek pemerintahan mereka, seperti pembangunan kota, perekrutan tentara, dan diplomasi. Mereka juga harus mengelola sumber daya dan keuangan mereka secara hati-hati untuk memastikan kelangsungan hidup dan kesuksesan kekaisaran mereka.

Pertempuran
Pertempuran adalah inti dari Total War: Rome II. Pemain dapat terlibat dalam pertempuran darat besar-besaran yang melibatkan ribuan tentara. Setiap unit memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri, dan pemain harus menggunakan strategi dan taktik untuk mengalahkan musuh mereka.

Pertempuran dilakukan pada peta tiga dimensi yang dapat diperbesar dan diperkecil untuk memungkinkan pemain mendapatkan tampilan yang lebih dekat pada aksi atau pandangan mata burung dari medan perang. Pemain dapat mengendalikan unit mereka secara langsung atau mengizinkan AI untuk menangani gerakan dan pertempuran mereka.

Rome II menampilkan berbagai jenis unit, mulai dari legiuner Romawi yang terkenal hingga kavaleri berantai Galia. Setiap unit memiliki serangkaian kemampuan dan formasi yang dapat digunakan untuk mengalahkan lawan mereka.

Fraksi
Game ini menampilkan delapan belas faksi yang dapat dimainkan, masing-masing dengan kekuatan, kelemahan, dan unit uniknya. Beberapa faksi paling menonjol meliputi:

  • Roma: Kekuatan militer yang tangguh dengan legiuner yang disiplin.
  • Carthage: Kekuatan maritim yang memiliki armada yang kuat dan gajah perang yang dahsyat.
  • Galia: Bangsa prajurit yang dikenal dengan kavaleri dan prajurit berantai yang ganas.
  • Sparta: Kota negara yang berfokus pada perang dengan pasukan hoplite yang tangguh.
  • Athena: Pusat budaya dan filsafat yang memiliki armada yang kuat dan pemain hoplite.

Gameplay Gaul
Sebagai Galia, pemain mendapat keuntungan dari kavaleri yang sangat baik dan infanteri berantai yang kuat. Kavaleri Galia sangat cocok untuk mengambil alih dan melakukan penggerebekan, sementara infanteri berantai mereka sangat baik dalam pertempuran jarak dekat.

Namun, faksi Galia juga memiliki kelemahan. Mereka lemah terhadap kavaleri dan pemanah, dan pasukan mereka dapat rentan terhadap serangan senjata jarak jauh. Untuk mengatasi kelemahan ini, pemain Galia harus berhati-hati mengatur pasukan mereka dan menghindari pertempuran di medan terbuka di mana mereka dapat diserang.

Fitur Inovatif
Rome II memperkenalkan beberapa fitur inovatif ke seri Total War, di antaranya:

  • Naval Warfare: Permainan ini memungkinkan pemain untuk terlibat dalam pertempuran laut yang realistis. Kapal perang memiliki berbagai kemampuan, seperti penembakan meriam, serudukan, dan grapples.
  • Settlement Battles: Permainan ini memperkenalkan pertempuran pemukiman yang baru, di mana pemain harus merebut atau mempertahankan kota dan desa. Pertempuran ini lebih menantang daripada pertempuran lapangan terbuka dan memerlukan pendekatan taktis yang berbeda.
  • AI yang Ditingkatkan: Rome II menampilkan AI lawan yang sangat baik yang menyediakan tantangan yang layak bagi pemain bahkan pada tingkat kesulitan yang lebih sulit.

Penerimaan
Total War: Rome II mendapat penerimaan beragam saat dirilis. Para kritikus memuji skala besar, pertempuran yang menarik, dan kampanye yang mendalam. Namun, permainan ini juga dikritik karena bug dan masalah teknisnya, serta kurangnya konten pada saat dirilis.

Sejak dirilis, Creative Assembly telah merilis sejumlah tambalan dan pembaruan yang mengatasi banyak masalah awal permainan. Game ini sekarang dianggap sebagai salah satu game strategi terbaik di pasaran, dan terus menarik perhatian para pemain baru.

Kesimpulan
Total War: Rome II adalah pengalaman epik yang menghidupkan kejayaan dan kejatuhan Kekaisaran Romawi. Kampanye yang luas, pertempuran yang mengasyikkan, dan gameplay yang inovatif memberikan hiburan selama berjam-jam bagi para penggemar strategi. Meskipun ada beberapa kekurangan, Rome II tetap menjadi salah satu game terbaik di serinya dan sangat direkomendasikan untuk para penggemar game strategi berbasis giliran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *